Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TRADISI ADZAN PEMBERANGKATAN PENGANTIN PERSPEKTIF HADIS (Studi Kasus Masyarakat Desa Pagaran Dolok Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas)

NUR HASANAH SIREGAR, - (2021) TRADISI ADZAN PEMBERANGKATAN PENGANTIN PERSPEKTIF HADIS (Studi Kasus Masyarakat Desa Pagaran Dolok Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skiripsi ini berjudul: “Tradisi Adzan Pemberangkatan Pengantin Perspektif Hadis (Studi Kasus Masyarakat Desa Pagaran Dolok Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apa makna tradisi adzan pemberangkatan pengantin bagi kalangan masyarakat Desa Pagaran Dolok Kabupaten Padang Lawas dan bagaimana akibatnya terhadap kelangsungan pernikahan serta pemahamannya dalam hadits. Penelitian ini dilakukan di Desa Pagaran Dolok Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah seperti yang telah kita ketahui bahwa adzan adalah sebagai syi‟ar Islam atau dakwah untuk mengajak ummat Islam menunaikan ibadah shalat sesuai dengan perintah Allah SWT. Sedangkan dalam tradisi dikalangan Masyarakat Desa Pagaran Dolok Kabupaten Padang Lawas adzan bukan hanya dikumandangakn pada saat masuknya waktu shalat. Akan tetapi ketika mengadakan pernikahan atau Walimatul „Urusy ketika pemberangkatan pengantin menuju rumah mempelai laki-laki (suami) di iringi dengan adzan. Adapun dalam rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tradisi adzan pemberangkatan pengantin, dan bagaimana perspektif hadits terhadap tradisi adzan pemberangkatan pengantin. Dalam penyelesaian penelitian ini, penulis menggunakan study lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengalami dan mengetahui makna tradisi adzan pemberangkatan pengantin. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tradisi adzan pemberangkatan pengantin Masyarakat Desa Pagaran Dolok Kabupaten Padang Lawas, dan Pemahaman nya dalam hadits. Dalam penelitian ini penulis melakukan analisis data dengan menggunakan deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tradisi yang berkembang dikalangan masyarakat Desa Pagaran Dolok Kabupaten Padang Lawas, adanya adzan dikumandangkan pada saat pemberangkatan pengantin merupakan suatu keharusan dalam melaksanakan pernikahan karena memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi adzan pemberangkatan pengantin tersebut. Kata kunci: Tradisi adzan, pemberangkatan pengantin, perspektif hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:19
Last Modified: 28 Jan 2022 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58729

Actions (login required)

View Item View Item