Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ZIARAH KUBUR PERSPEKTIF HADIS (Telaah Terhadap Tradisi Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan Masyarakat Desa Pandan Wangi, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu)

DIAH WAHYU CAHYANI, - (2021) ZIARAH KUBUR PERSPEKTIF HADIS (Telaah Terhadap Tradisi Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan Masyarakat Desa Pandan Wangi, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAH KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ ZIARAH KUBUR PERSPEKTIF HADIS ( Telaah Terhadap Tradisi Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan Masyarakat Desa Pandan Wangi , Kecamatan Peranap , Kabupaten Indragiri Hulu)”. Masyarakat pandan wangi memiliki sebuah tradisi yang mana sebelum bulan ramadhan tiba masyarakat pandan wangi akan melakukan ziarah kubur, hal ini menimbulkan rasa penasaran penulis mengapa mereka malakukan ziarah kubur ketika bukan puasa mau tuba dan juga untuk mengetahui apa-apa saja kegiatan mereka ketika berziarah kubur. Ziarah kubur yaitu Ziarah artinya menengok, kunjungi, atau mendatangi. Sedangkan yang disebut Kubur adalah makam atau tempat orang yang dimakam disitu. Adapun rumusan masalah skripsi ini (1) Bagaimana Pemahaman Hadis Mengenai Ziarah Kubur. ( 2) Bagaimana Proses Tradisi Ziarah Kubur Menjelang Bulan Ramadhan Pada Masyarakat Pandan Wangi . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang informannya berasal dari masyarakat pandan wangi yang terdiri dari, Kepala desa, tokoh agama, dan warga yang rutin mengikuti tradisi tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Library Research,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang penulis analisis, maka penulis menemukan dua jawaban dari permasalahan penelitian ini yaitu ( 1) Hadis – hadis tentang ziarah kubur adalah shahih baik dari matan dan juga sanad dan hukum dari ziarah kubur adalah sunnah ( 2) Ada beberapa kegiatan masyarakat pandan wangi ketika ziarah kubur seperti pengajian, membersihkan kubur, membaca yasin dan do‟a serta menaburkan bunga di atas pusar kubur. Kata Kunci : Tradisi, Ziarah Kubur, Desa Pandan Wangi, Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:42
Last Modified: 28 Jan 2022 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58725

Actions (login required)

View Item View Item