Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PEMBELAHAN BATANG SAGU CV PABRIK SAGU OPI, DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP) DAN METODE ROOT CAUSE ANALISYS (RCA)

Amrollah, - (2021) ANALISA POTENSI BAHAYA PADA PEMBELAHAN BATANG SAGU CV PABRIK SAGU OPI, DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP) DAN METODE ROOT CAUSE ANALISYS (RCA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
TA AMRUL.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

CV Pabrik Sagu Opi, yang terletak di Desa Tenan Kabupaten Kepuluan Meranti adalah salah satu pabrik pengolahan batang rumbia. CV Pabrik sagu Opi, dari proses batang sagu sehingga menjadi sagu, sagu tersebut di olah menjadi salah satu bahan pangan yang bisa di olah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti Mie sagu, Tepung Sagu, Kerupuk Sagu dan lain sebagianya. Dalam aktivitas produksi pengolahan batang sagu dapat berpotensi timbulnya kecelakaan kerja yang sering terjadi, baik kecelakaan ringan, sedang dan berat. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko kecelakan kerja di CV pabrik sagu Opi Desa Tenan Kabupaten Kepulaun Meranti. Penelitian ini menggunakan metode Hazard and operability study Hazop dan Root cause Analisys (RCA). Hasil penelitian ini Hasil penelitian dengan menggunakan metode hazard and operability study hazop pada proses produksi dimana resiko kecelakaan kerja ringan seperti sakit pinggang, terkena percikan air panas, dan terkena dari uap panas, sedangkan resiko kecelakaan kerja sedang seperti terjepit batang sagu, kemasukan serpihan – serpihan batang sagu kedalam kuku, melepuhnya kulit dan jatuh yang disebabkan lantai ruangan yang licin sementara resiko kecelakaan berat yang dihadapi oleh para pekerja adalah kehilangan nyawa, hal ini terjadi karena putusnya rantai pembelah batang sagu pada saat proses pembelahan. Bentuk – bentuk penyebab kecelakaan kerja berat karena kurangnya perhatian perusahaan terhadap peralatan kerja yang digunakan oleh pekerja serta kurangnya peralatan pengaman yang disediakan perusahaan. Kata Kunci : Hazard and operability study Hazop, Root cause Analisys (RCA) dan Kecelakaan Kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:21
Last Modified: 27 Jan 2022 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58716

Actions (login required)

View Item View Item