Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PLACEMENT, SETTING, AND COORDINATION ANALYSIS OF OVER CURRENT RELAY ( OCR), GROUND FAULT RELAY (GFR), AND RECLOSER ON NEW FEEDER(Case Study: PT. PLN (PERSERO) ULP Pangkalan))

Bayu Govinda Anggara, Bayu (2022) PLACEMENT, SETTING, AND COORDINATION ANALYSIS OF OVER CURRENT RELAY ( OCR), GROUND FAULT RELAY (GFR), AND RECLOSER ON NEW FEEDER(Case Study: PT. PLN (PERSERO) ULP Pangkalan)). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III, dan V BAYU GA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Bayu GA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)

Abstract

Feeder Muaro Pati terus mengalami peningkatan pembebanan akibat dari sektor industri maupun sektor rumah tangga, sehingga terjadi rugi daya yang semakin besar. Pihak PLN berencana akan menambahkan penyulang baru dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sistem pengaman dengan OCR, GFR dan Recloser di feeder Muaro Pati dilakukan evaluasi kembali, sedangkan pada penyulang baru mesti dilakukan analisis penempatan dan penyettingan dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan hubung singkat baik gangguan temporer maupun gangguan permanen, dan menguji koordinasinya. Sedangkan untuk penyettingan OCR, GFR dan Recloser dilakukan dengan menghitung impedansi sumber, reaktansi trafo, impedansi penyulang, impedansi eqivalen, gangguan hubung singkat untuk mendapatkan nilai TMS dan PS. Penempatan relai pada sisi incoming dan outgoing pada masing-masing zona yang telah ditentukan. Selanjutnya melakukan pengujian pada relai OCR, GFR dan Recloser dengan menggunakan variasi beban motor dan beban statis dengan memberikan arus gangguan. Metode ini dilakukan dengan kondisi beban puncak, kemudian menggunakan jarak titik gangguan pada 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%, serta waktu kerja relai yang digunakan adalah kurva Inverse dan Instant. Hasil yang diperoleh meliputi hasil evaluasi penyulang Muaro Pati bahwa relai bekerja secara tidak koordinasi dengan memberikan trip pada penyulang lain sehingga dilakukan dengan perhitungan baru serta penempatan sistem proteksi untuk OCR, GFR dan Recloser di semua feeder, hasil setting yang didapatkan pada feeder baru dengan penemptaan relai di zona satu untuk sisi incoming adalah OCR yaitu 0,17 detik dan GFR yaitu 0,2 detik, dan sisi outgoing untuk OCR adalah 0,15 detik dan GFR 0,13 detik. Kemudian untuk feeder Muaro Pati dengan penempatan relai di zona dua untuk sisi incoming pada OCR adalah 0,07 detik dan GFR 0,08 detik, dan untuk sisi outgoing pada OCR adalah 0,03 detik dan GFR 0,04 detik. Selain itu pada recloser ditempatkan dalam zona tiga dengan nilai setting yang didapatkan yaitu OCR 0,02 detik dan GFR 0,02 detik. Hasil koordinasi yang didapatkan adalah terbuktinya perhitungan sistem proteksi yang membentuk suatu koordinasi relai yang baik serta kurva koordinasi tidak mengalami tumpang tindih antara relai yang berbeda serta memiliki granding time disetiap feeder yaitu 0,02 detik s/d 0,05 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:51
Last Modified: 28 Jan 2022 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58689

Actions (login required)

View Item View Item