Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUKUM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MUSHAF KETIKA SHALAT (STUDI KOMPARATIF ANTARA IMAM AS-SARAKHSI DAN IMAM NAWAWI)

‘ARIF HARITHAH BIN MUDRIKAH, - (2022) HUKUM MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MUSHAF KETIKA SHALAT (STUDI KOMPARATIF ANTARA IMAM AS-SARAKHSI DAN IMAM NAWAWI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ‘Arif Harithah Bin Mudrikah (2021) : Hukum Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Mushaf Ketika Shalat (Studi Komparatif Antara Imam As-Sarakhsi Dan Imam Nawawi) Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil pokok permasalahan sebagai berikut: pertama, apa pendapat Imam As-Sarakhsi tentang hukum membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf ketika shalat serta apakah dalil yang digunakan. Kedua, apa pendapat imam Nawawi tentang hukum membaca al-Qur‟an dengan menggunakan ketika shalat serta apakah dengan dalil yang digunakan. Dan yang ketiga, bagaimanakah analisa fiqh muqaranah terhadap pendapat Imam As-Sarakhsi dan Imam Nawawi tentang hukum membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf ketika shalat. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian normatif hukum Islam dengan menggunakan metode library research, yaitu dengan mengambil dan membaca serta menelaah literatur-literatur yang berhubungan dengan penilitian. Dengan sumber data sekunder terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tertier. Seluruh buku-buku yang berkaitan dengan sumber hukum tersebut, penulis telaah baik dari Imam As-Sarakhsi dan juga Imam Nawawi untuk menyelesaikan persoalan ini. Penulis berusaha memaparkan perbandingan pendapat dua imam berpengaruh yaitu Imam As-Sarakhsi dan Imam Nawawi yang mempunyai pendapat berbeda tentang membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf ketika shalat, studi komparatif antara Imam As-Sarakhsi dan Imam Nawawi. Menurut Imam As-Sarakhsi, berpendapat bahawa membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf ketika shalat itu hukumnya tetap batal karena sama seperti talqin (membaca al-Qur‟an dengan diajarkan oleh orang lain) dengan didasari hadits dari Ibnu Abbas ra. yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Daud. Berbeda dengan Imam Nawawi bahwa membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf ketika shalat hukumnya diperbolehkan dan shalatnya sah. Shalatnya tidak batal meskipun membaca al-Qur‟an dengan menggunakan mushaf bahkan menggunakan mushaf menjadi wajib jika tidak bisa membaca surat al-Fatihah kecuali dengan melihat mushaf. Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nawawi. Setelah dikaji dan diteliti, maka pennulis mengkompromikan dua pendapat ini karena keduanya sama-sama dalil yang kuat, tidak diketahui mana yang dahulu dan mana yang terakhir. Apalagi menurut jumhur mutakallimin bahwa ketika ada dua dallil yang bertentangan maka diambil adalah jalan kompromi supaya dalil itu tidak terbuang sia-sia. Kata Kunci: Imam As-Sarakhsi, Imam Nawawi, Al-Qur’an, Hukum Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Mushaf Ketika Shalat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:20
Last Modified: 27 Jan 2022 08:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58686

Actions (login required)

View Item View Item