Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PLAN ANALYSIS OF ADDITION OF NEW FILTER DISTRIBUTION AS A SOLUTION OF EMPOWERMENT TECHNICAL SHORT WITH CONSIDERATION ASPECT OF ECONOMIC FEASIBILITY (Case Study: PT. PLN (PERSERO) UP3 Payakumbuh at ULP Fifty Cities)

Risky Arianto, - (2022) PLAN ANALYSIS OF ADDITION OF NEW FILTER DISTRIBUTION AS A SOLUTION OF EMPOWERMENT TECHNICAL SHORT WITH CONSIDERATION ASPECT OF ECONOMIC FEASIBILITY (Case Study: PT. PLN (PERSERO) UP3 Payakumbuh at ULP Fifty Cities). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB1-3_1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BABIVT_1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada trafo unit 1 dengan kapasitas trafo 60 MVA untuk mensuplai feeder pangkalan mengalami pembebanan puncak hingga 120 A atau 70,7 % , ini mengindikasikan bahwa pembebanan hampir mencapai batas maksimal, hal ini berpengaruh terhadap jatuh tegangan yang berdampak pada kerugian daya, dikarenakan beban yang di suplai begitu berat dengan banyaknya pabrik-pabrik industri serta jarak yang jauh. Sehubungan dengan permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk menekan susut teknis dengan parameter jatuh tegangan dan rugi-rugi daya, dengan mengikutsertakan analisis dampak, perhitungan teoritis, tahapan penelitian, dan analisis korelasi antara aspek teknis dan ekonomisnya. Untuk itu, metode yang penulis gunakan adalah dengan menganalisis susut teknis pada kondisi eksisting dan setelah adanya perencanaan penambahan penyulang baru untuk menentukan kelayakan pada aspek teknis, dengan bantuan software ETAP 12.6.0 dan menggunakan perhitungan secara manual. Lalu untuk analisis kelayakan ekonomis menggunakan parameter NPV,BCR,IRR dan PP. Dengan adanya analisis terhadap perencanaan penambahan penyulang baru menghasilkan penekanan susut teknis sebesar 19,996 kV atau sebesar 5 % pada feeder Pangkalan dan hal ini berdampak pada penekanan rugi-rugi daya sebesar 0,160 MW, dimana saving kWh yaitu sebesar 31.869 kWh per/bulan apabila di rupiahkan sebesar 401.049.661,98/ tahum, dengan total gain tegangan ujung sebesar 13,64 %. Selain itu pada analisis kelayakan ekonomis juga menunjukkan hasil yang positif dengan NPV sebesar Rp 6.337.507.177, BCR yaitu sebesar 1,08, IRR 10,5 %, dengan jangka pengembalian modal 9 tahun 5 bulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perencanaan penambahan penyulang baru setelah di analisis melalui dua tahapan dari aspek teknis dan ekonomis memberikan memberikanl hasil yang layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:32
Last Modified: 28 Jan 2022 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58683

Actions (login required)

View Item View Item