Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AL-MANAR PEKANBARU

NURUL AINI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AL-MANAR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Aini, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD IT Al-Manar Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem posing kelas IV SDIT Al-Manar Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa kelas IV SDIT Al-Manar Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran problem posing dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata mencapai 70,27 dengan ketuntasan klasikal 8%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 80,75 dengan ketuntasan klasikal 20%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 93 dan ketuntasan klasikal 93% dengan kategori sangat baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Posing pada muatan pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDIT Al-Manar Pekanbaru. Kata Kunci: Model Poblem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:46
Last Modified: 27 Jan 2022 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58673

Actions (login required)

View Item View Item