PROKRASTINASI AKADEMIK SANTRI KELAS VII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU DITINJAU DARI PENYESUAIAN DIRI

Penti Patmasari, (2014) PROKRASTINASI AKADEMIK SANTRI KELAS VII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU DITINJAU DARI PENYESUAIAN DIRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Ketidakmampuan santri dalam menyesuaikan diri dengan baik akan mempengaruhi cara santri dalam bereaksi terhadap situasi yang menekan. Ketidakmampuan ini akan mengarahkan kepada perilaku prokrastinasi atau penundaan. Berdasarkan hal tersebut penulis menyimpulkan bahwa pada kenyataannya apa yang dipersepsikan sebagian orang pada umumnya tentang sekolah beasrama atau pondok pesantren terkadang malah menimbulkan permasalahan tersendiri bagi Santri. Sebagaimana yang kita pahami santri yang duduk dibangku MTs merupakan santri yang akan memasuki Masa remaja. Berdasarkan kondisi tersebut maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penyesuaian diri dengan Prokrastinasi akademik santri Kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis analisis korelasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang Santri Kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Data dikumpulkan melalui dua buah skala yaitu skala penyesuaian diri yang peneliti susun berdasarkan indikator penyesuaian diri dari Runyon dan Haber, dan skala Prokrastinasi akademik yang disusun berdasarkan indikator prokrastinasi akademik dari Ferrari. Skala penyesuaian diri memiliki nilai koefisien reliabilitas (α) sebesar 0,859 dan skala Prokrastinasi Akdemik memiliki nilai koefisien reliabilitas (α) sebesar 0,932. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar -0.484 % dengan taraf signifikan (ρ) 0,000, hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara penyesuaian diri dengan Prokrastinasi akademik Santri Kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 29 Jul 2016 05:04
Last Modified: 29 Jul 2016 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item