YUNI SEPTIKA AGUSMI, - (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PETA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
YUNI SEPTIKA AGUSMI (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PETA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Faktor internal yakni faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri yang menjadi penyebab kesulitan belajar Geografi khususnya materi pemetaan. 2) Faktor eksternal yakni faktor yang berasal dari luar siswa yang menjadi penyebab kesulitan belajar Geografi khususnya materi pemetaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS semester ganjil Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru (SMA N 12 Pekanbaru) yang telah menggunakan Kurikulum 2013. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yakni siswa yang mendapatkan nilai jauh dibawah KKM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, antara lain: 1) Faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa diantaranya tidak memiliki tujuan belajar yang jelas, kurangnya minat, kesehatan yang sering terganggu, kebiasaan belajar dan kurangnya penguasaan terhadap materi. 2) Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa diantaranya faktor lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Geografi Materi Peta
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:31 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58650 |
Actions (login required)
View Item |