Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI HOME INDUSTRY SNACK TEMPELAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

ANGGUN SAWITRI DWI NINGRUM, - (2022) STRATEGI HOME INDUSTRY SNACK TEMPELAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img]
Preview
Text
Skripsi_Anggun_Sawitri.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anggun Sawitri Dwi Ningrum (2021): Strategi Home Industry Snack Tempelan dalam Meningkatkan Penjualan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Skripsi ini dilatarbelakangi oleh penurunan jumlah produksi usaha Home industry Snack Tempelan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Akan tetapi usaha ini masih tetap dapat berjualan dan melakukan produksi. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai upaya yang dilakukan oleh Home industry Snack Tempelan untuk tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi home industry Snack Tempelan dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap home industry Snack Tempelan dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dilakukan pada home industy Snack Tempelan di Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Yang mana dilakukan pada 1 (satu) pemilik home industry dan 5 (lima) karyawan home industry. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik penulisan menggunakan metode deskriptif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi home industry Snack Tempelan dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19 menerapkan bauran pemasaran 4P dalam meningkatkan penjualan produk Tempelan yaitu produk (product), harga (price), distribusi atau tempat (place), promosi (promotion). Namun di masa pandemi Covid-19 ini ada pola strategi yang berubah yaitu dalam strategi promosi lebih memaksimalkan promosi online dengan cara memanfaatkan digital marketing seperti Facebook, WhatsApp dan Youtube dengan sering mengupload produk, membuat konten tentang produk, mereview produk dari konsumen. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi home industry Snack Tempelan dalam meningkatkan penjualan pada masa pandemi Covid-19 telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Baik produk, harga, distribusi atau tempat, maupun promosi. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Produk Snack Tempelan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:19
Last Modified: 27 Jan 2022 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58641

Actions (login required)

View Item View Item