Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION

YUSUF BUDIMAN, - (2022) EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MENGGUNAKAN HEURISTIC EVALUATION YUSUF BUDIMAN NIM: 11653103668 Tanggal Sidang: 11 November 2021 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang telah memiliki sebuah website yaitu agrotekuin.com. Website ini dirancang untuk memberikan informasi seputar Program Studi Agroteknologi dan berfungsi memudahkan mahasiswa untuk mendaftar Praktek Kerja Lapangan (PKL). Selain itu, website ini juga membantu mahasiswa mengajukan judul Tugas Akhir. Dalam penerapannya, website ini masih terdapat beberapa permasalahan pada komponen usability, yaitu terdapat warna teks yang bertabrakan dengan warna background, warna teks dominan berwarna terang, informasi pada website belum di kelompokkan dengan baik, tidak konsistennya dalam penulisan bahasa, dan tidak adanya menu pilihan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat keberhasilan website agrotekuin.com menggunakan metode Heuristic Evaluation dan untuk memberikan rekomendasi kepada pihak prodi agar dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kepuasan pengguna berdasarkan tingkat keberhasilan website. Untuk metode analisis data menggunakan usability testing. Didapatkan didapatkan nilai persentase dari usability testing yakni bernilai 76% berarti menunjukkan bahwa portal baik bagi penggunanya, dan untuk total tidak ditemukan mendapatkan nilai 24% yang berarti menunjukkan bahwa portal kurang baik bagi penggunanya. Kata Kunci: Evaluasi, Program Studi Agroteknologi, Heuristic Evaluation, website, usability testing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:21
Last Modified: 28 Jan 2022 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58640

Actions (login required)

View Item View Item