Annisa Luthpiah, - (2021) ANALISA KESIAPAN IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN MODEL E-LEARNING READINESS PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap Kecuali Bab IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
Abstract
Pembelajaran melalui e-learning sangat dibutuhkan sekolah pada masa pandemi Covid-19. Salah satu faktor penentu keberhasilan penerapan e-learning di sekolah adalah kesiapan. Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran online saat ini. Namun dalam penerapannya masih terdapat permasalahan seperti masalah jaringan, pengalaman pengguna, serta kualitas penggunaan e-learning yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kesiapan Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai dalam menerapkan e-learning dan menghasilkan rekomendasi perbaikan untuk pengembangan e-learning berikutnya. Kesiapan implementasi e-learning diukur dengan menggunakan Model E-learning Readiness (ELR) dengan empat faktor utama yaitu Manusia, Pengembangan Diri, Teknologi, dan Inovasi. Skala penilaiannya dikelompokkan dalam empat kategori kesiapan berdasarkan Model ELR Aydin & Tasci. Hasil keseluruhan memperoleh skor ELR ¯ x = 3,42, menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Dumai siap untuk menerapkan e-learning, tetapi masih membutuhkan peningkatan dibeberapa faktor. Rekomendasi yang dapat diusulkan yaitu pihak sekolah perlu meningkatkan sosialisasi mengenai penggunaan dan manfaat dari e-learning, meningkatkan kualitas infrastruktur yang ada, dan perencanaan anggaran internal yang memadai untuk implementasi e-learning yang baik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:12 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58621 |
Actions (login required)
View Item |