DIAN LESTARI, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
|
Text
SKRIPSI DIAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dian Lestari, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dan XI IPA lintas minat ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 40 orang siswa. Objek penelitian adalah pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sebelum angket digunakan, angket terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji analisis diperoleh Thitung > Ttabel (21,905 > 2,022) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Besarnya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI adalah sebesar 92,7% dan sisanya 7,3% yang dijelaskan oleh varabel-variabel lain. Rekapitulasi hasil angket model pembelajaran student facilitator and explaining memiliki persentase 83,1% yang dikategorikan “sangat baik” karena berada pada rentang 81%-100%, sedangkan rekapitulasi hasil angket keaktifan belajar siswa memiliki persentase 80,8% yang dikategorikan “sangat baik” karena terletak pada rentang 81%-100%. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 05:48 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 05:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58619 |
Actions (login required)
View Item |