EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ”NA’UMBAI” KABUPATEN KAMPAR

Resi Devina Lestari, (2014) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ”NA’UMBAI” KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Bahasa Arab dan usaha guru untuk mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri “Na’umbai” Kabupaten Kampar. Lokasi penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Negeri “Na’umbai” Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah Guru Bahasa Arab, Kepala Sekolah dan siswa sebagai data pelengkap. Dan objek penelitian ini adalah efektifitas pembelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian adalah studi deskriptif kualitatif. Sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi resmi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang usaha guru untuk mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab diluar kelas. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan tujuan sebagai pendukung terhadap data observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa angka persentase 55%. Angka ini menunjukan bahwa efektifitas pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri “Na’umbai” Kabupaten Kampar adalah dalam Kategori 40% - 55% ( Cukup). Adapun usaha guru untuk mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri “Na’umbai” Kabupaten Kampar sebagai berikut : a) Guru membuat perencanaan sebelum mengajar. b) Guru mengemukakan tujuan pelajaran pada permulaan pelajaran. c) Guru memberi latihan praktis yang mengaktifkan semua siswa. d) Guru memberi ikhtisar pelajaran lampau sebelum memulai pelajaran baru. e) Guru membuat suasana kelas menjadi hidup f) Guru memberikan pengetahuan yang aktual kepada siswa. g) Guru menggunakan berbagai metode mengajar. h) Guru memberi motivasi kepada siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. i) Guru memberi perbaikan bagi siswa yang belum berhasil belajarnya. j) Guru mengadakan review tiap minggu secara teratur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:51
Last Modified: 29 Jul 2016 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item