MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN SYINDICATE GROUP SISWA KELAS VII MTS NEGERI SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Martina, (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI MELALUI METODE PEMBELAJARAN SYINDICATE GROUP SISWA KELAS VII MTS NEGERI SUNGAI TONANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201107.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, ditemui beberapa gelaja dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata Ilmu Pengetahuan Sosial, seperti:Adanya sebagian siswa yang kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, Kurangnya rasa ingin tahu murid tentang materi yang akan dipelajari, Jika guru menerangkan pelajaran siswa hanya mendengarkan tanpa berinisiatif untuk bertanya.Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa maka pada peneiltian ini diterapkan metode Syindicate Group Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan penerapan matode pembelajaran Syndicate Group dapat meninggatkan aktivitas belajar siswa kelas VII MTs.Negeri Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar . Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Syindicate Group untuk meninggatkan aktivitas belajar siswa Penelitian ini dilakukan tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan ini berhasil dengan baik tanpa hambatan, peneliti menyususn Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah : 1) Perencanaan / persiapan tindakan , 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial, ini dilihat dari data awal sebelum tindakan diperoleh rata-rata 50,78% dengan kategori “ Kurang Baik “ karena berada pada rentan 41%-55%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hanya memperoleh rata-rata 64,84% dengan kategori “ cukup baik “ karena berada pada rentang 56%-75%. Siklus II meningkat dengan rata-rata 68,75% dengan kategori “ cukup baik “ karena berada pada rentang 56%-75%.Siklus III meningkat dengan rata-rata 78,90% dengan kategori “Baik“. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode Syindicate Group ini dapat meningkat aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 Jan 2016 03:18
Last Modified: 11 Jan 2016 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item