ALIFIO, - (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam Bagi Pedagang Ikan Di Pasar Kaget Rabu Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan jual beli harus memperhatikan aturan yang telah ditetapkan dalam Islam, sehingga dalam mencari profit atau keuntungan tidak melakukan segala macam cara. Kejujuran menjadi suatu yang harus diperhatikan dan penipuan atau manipulasi harus dihindari. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa memang benar beberapa penjual melakukan kecurangan dengan mencampurkan ikan yang berkualitas baik dengan yang kurang baik. Hal ini terjadi ketika ikan yang tidak habis dijual dalam satu hari maka akan disimpan untuk kemudian dicampur dengan ikan yang baru datang keesokan harinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Etika Bisnis Islam Bagi Pedagang Ikan Di Pasar Kaget Rabu Desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research ), penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan sampel yang diambil sebanyak 20 responden, terdiri dari 20 orang pedagang ikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Adapun Hasil dari penelitian ini ialah, para pedagang belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis islam bagi pedagang ikan, Jika ditinjau dari ke lima prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan serta kebebasan sudah diterapkan dengan baik oleh para pedagang. Dilihat dari prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran, kebajikan dan kejujuran belum sepenuhnya salah satunya kurang kejujuran dan tanggung jawab dalam berdagang yang membuat pelanggan enggan mengulang lagi untu membeli pada tempat tersebut. Faktor yang mempengaruhi dalam Penerapan Etika Bisnis Islam Bagi Pedagang Ikan yaitu Faktor Pendidikan, keluarga, pengalaman, harga ikan, kualitas ikan, berkurangnya pembeli dan kecurangan pedagang lain yang berimbas kepada pedagang lainnya. Kata Kunci: Etika bisnis, Pedagang ikan, meningkatkan Pelanggan, Pasar Kaget.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 04:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 04:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58583 |
Actions (login required)
View Item |