Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN SOSIAL DI MESJID SHIRATUL MUNIR DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP PEMBERDAYAAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA KASANG BANGSAWAN KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR

FERRY INDRAWAN MANURUNG, - (2021) AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN SOSIAL DI MESJID SHIRATUL MUNIR DALAM PERSPEKTIF PRINSIP-PRINSIP PEMBERDAYAAN PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA KASANG BANGSAWAN KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa aktivitas keagamaan dan sosial yang dilaksanakan di Mesjid Shiratul Munir oleh pengurus masjid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas kegamaan dan sosial yang selama ini dilaksanakan di mesjid Shiratul Munir terdapat perspektif prinsipprinsip pemberdayaan masyarakat yang diterapkan didalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif yakni dengan tahapan reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa dari seluruh aktiviatas keagamaan seperti Majelis Taklim, Wirid Akbar, pembelajaran Al-Qur’an dan Dakwah Door To Door serta Aktivitas Sosial seperti Fardhu Kiffayah dan Bantuan Yatim Piatu yang dilaksanakan di mesjid Shiratul munir didalamnya terdapat prinsip-prinsip pemberdayaan yaitu prinsip Kesetaraan dan partisipasi, dikarenakan didalam pelaksanaanya tidak terdapat stratifikasi sosial dan masyarakat ikut juga mengambil peran didalam program yang dilaksanakan tersebut, sedangkan prinsip kemandirian belum dicapai dalam program ini. dikarenakan mereka masih bergantung kepada pengurus mesjid pada setiap pelaksanaan program ini sehingga prinsip keberlanjutan secara otomatis juga belum dicapai pada program-program tersebut. Kata Kunci: aktivitas Keagamaan dan sosial, Prinsip-Prinsip pemberdayaan, Mesjid, Pandemi covid 19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:13
Last Modified: 27 Jan 2022 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58581

Actions (login required)

View Item View Item