Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEDUDUKAN ONGKU BANJAU SEBAGAI PENERIMA ZAKAT FITRAH DI DESA SUNGAI TONANG(Studi Kasus di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar).

Zehan Kholis, Zehan (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEDUDUKAN ONGKU BANJAU SEBAGAI PENERIMA ZAKAT FITRAH DI DESA SUNGAI TONANG(Studi Kasus di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kedudukan Ongku Banjau Sebagai Penerima Zakat Fitrah Di Desa Sungai Tonang (Studi Kasus Di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar)”. Di Desa Sungai Tonang setiap hari raya Idul Fitri selalu membagikan atau memberikan zakat fitrahnya tidak hanya kepada asnaf yang delapan akan tetapi juga kepada Ongku Banjau (orang yang memandikan jenazah). hal inilah yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kedudukan Ongku Banjau sebagai penerima zakat fitrah menurut masyarakat Desa Sungai Tonang dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap kedudukan Ongku Banjau sebagai penerima zakat fitrah di Desa Sungai Tonang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Desa Sungai Tonang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang di dapat dari masyarakat Di Desa Sungai Tonang dan data sekundernya adalah kitab-kitab fikih dan data tersier yang bersumber dari kamus dan lain-lainnya. Hasil penelitian ini adalah kedudukan Ongku Banjau sebagai penerima zakat fitrah menurut masyarakat desa Sungai Tonang ada tiga yaitu, yang pertama disamakan dengan fii sabilillah, yang kedua disamakan dengan amil zakat, yang ketiga disamakan dengan fakir miskin. Dan menurut tinjauan hukum islam kedudukan Ongku Banjau yang disamakan dengan fii sabiilillah sudah benar adanya. Serta pembagian zakat fitrah kepada Ongku Banjau yang merupakan kebiasaan masyarakat desa Sungai Tonang tidak menyalahi Syara’ dan termasuk ‘urf yang shahih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:35
Last Modified: 27 Jan 2022 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58543

Actions (login required)

View Item View Item