Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PELANGGARAN PENGGUNAAN LAHAN GAMBUT OLEH PT RAPP DI MEDIA ONLINE BERTUAHPOS.COM PERIODE OKTOBER 2017

Bayu Derriansyah Putra, Bayu (2021) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS PELANGGARAN PENGGUNAAN LAHAN GAMBUT OLEH PT RAPP DI MEDIA ONLINE BERTUAHPOS.COM PERIODE OKTOBER 2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)

Abstract

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mencabut izin PT Riau AndalanPulp and Paper (RAPP) karena dianggap tidak patuh. Ini berdasarkan atas pelanggaran yang di lakukan PT RAPP dalam penggunaan lahan gambut. Kemudian kabar tersebut mencuat setelah sejumlah media online di Provinsi Riau memberitakannya kembali pada Oktober 2017. Riset ini bertujuan untuk mengetahui framing pemberitaan kasus pelanggaran penggunaan lahan gambut oleh PT RAPP di media online Bertuahpos.com periode Oktober 2017. Penelitian ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Zongdang Pan dan Kosicki. Temuan dalam riset ini menunjukan bahwa framing yang dibentuk oleh Bertuahpos.com terhadap kasus pelanggaran penggunaan lahan gambut yang dilakukan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Bertuahpos.com terlihat menyudutkan pihak PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang diselipkan Bertuahpos.com di beberapa perangkat framing. Hal ini bisa ditemukan pada headline atau judul yang disajikan pada keempat berita yang diteliti. Selain itu juga terdapat pada lead yang disampaikan pada keempat berita. Pada perangkat pernyataan dan kutipan langsung juga tampak bagaiman Bertuahpos.com mencoba menyudutkan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Media Online, PT RAPP
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:34
Last Modified: 27 Jan 2022 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58541

Actions (login required)

View Item View Item