Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PADA BAITUT TAMWIL MUHAMADIYAH SUMATERA BARAT

SOWANUA TELAUMBANUA, - (2022) UPAYA ACCOUNT OFFICER (AO) DALAM PENANGANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH BERMASALAH PADA BAITUT TAMWIL MUHAMADIYAH SUMATERA BARAT. Laporan thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu fungsi utama lembaga keuangan perbankan, tetapi di dalam suatu lembaga perbankan tidak bisa terhindar dari suatu masalah atu resiko pembiayaan. Pembiayaan bermasalah merupakan pembiayaan yang tidak lancar yang diberikan pihak BTM kepada nasabah yang tidak dapat atau tidak mau memenuhi kewajiban untuk membayar kembali dana yang dipinjamkan secara penuh pada saat jatuh tempo atau sesudahnya dan Pembiayaan yang paling sering bermasalah yaitu pembiayaan murabahah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, Metode pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi, untuk mendapatkan data tentang upaya Account Officer dalam penanganan pembiayaan murabahah bermasalah di BTM Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Account Officer dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada produk Murabahah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Account Officer dalam penanganan pembiayaan bermasalah pada akad Murabahah di BTM Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang. Hasil penelitian ini Terkait dengan cara penanganan pembiayaan bermasalah penulis mengelompokan ada dua cara yang dilakukan pihak Account Officer dalam menangani permasalahan yang terjadi di Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang, yaitu; 1) Tahap penyelamatan, dengan Penjadwalan Kembali (Reshceduling) dan Memperbaharui Persyaratan (Reconditioning). 2) Penyelesaian pembiayan bermasalah, hal ini merupakan cara terakhir Baitut Tamwil Muhammadiyah Sumatera Barat Cabang Pasar Raya Padang yaitu dengan melakukan penyitaan jaminan atau penghapus bukuan. Kata Kunci: Pembiayaan Mudharabah, Penanganan Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:44
Last Modified: 27 Jan 2022 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58539

Actions (login required)

View Item View Item