Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI KELURAHAN TEMPULING KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU

HINDUN NAHDIANI, - (2021) ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI KELURAHAN TEMPULING KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR RIAU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tanaman cabai merah merupakan tanaman menghasilkan, tetapi fakta yang terjadi dilapangan adalah setelah tanaman berproduksi, jarang petani yang menghitung detail analisis usaha tani secara ekonomi. Hal ini mengakibatkan para petani hampir tidak mengetahui secara jelas berapa keuntungan yang didapatkan dalam sekali panen, keterbatasan pendidikan dan pengetahuan petani itu sendiri yang menyebabkan hal ini terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan Usahatani Cabai Merah di Kelurahan Tempuling Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Riau dan dapat dikatakan layak untuk diusahakan petani setempat. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, pendapatan keseluruhan petani sampel Usahatani Cabai Merah dalam satu kali periode musim tanam, di Kelurahan Tempuling Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir sebesar Rp. 268.132.900.00, dengan total biaya produksi petani sampel Usahatani Cabai Merah Rp. 71.199.700.00, sedangkan jumlah produksi petani sampel Usaha tani Cabai Merah sebanyak 18.178,40 Kg. Adapun pendapatan bersih petani sampel Usahatani Cabai Merah didaerah penelitian sebesar Rp.198.773.870, Maka Usahatani Cabai Merah layak diusahakan karena nilai R/C rasionya 3,67 dari uraian diatas yang menunjukkan bahwa Petani Cabai Merah dapat dikatakan layak karena R/C lebih dari 1 dan menunjukkan bahwa Usaha Tani tersebut menguntungkan. Kata Kunci : biaya produksi, keuntungan, pendapatan, usaha tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:30
Last Modified: 27 Jan 2022 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58500

Actions (login required)

View Item View Item