PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TANTANGAN BERLIKU (CURVERBALLS) PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Nurkasmawati, (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TANTANGAN BERLIKU (CURVERBALLS) PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi tantangan berliku (Curverballs) pada mata pelajaran IPS di kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru, dalam pembelajaran IPA terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya: Nilai yang diperoleh siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini terlihat dari 23 siswa hampir 65% siswa atau 15 siswa belum mendapatkan ketuntasan dalam belajar. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah yakni 70. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan meskipun telah disampaikan guru secara berulang-ulang. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setelah pembelajaran. Hanya sekitar 69% siswa atau 16 orang jika diberi soal dapat dikerjakan dengan baik dan dijawab dengan benar. 50% siswa tidak bisa menjawab umpan balik yang diberikan oleh guru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan objek dalam penelitian adalah penggunaan strategi tantangan berliku (Curverballs) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis seperti disampaikan pada bab IV di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Strategi tantangan berliku (Curverballs) dapat ditingkatkan hasil belajar siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru khususnya pada mata pelajaran IPS. Sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 55 berada pada interval 50-59 dengan kategori kurang. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan strategi tantangan berliku (Curverballs) pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 73 berada pada interval 60- 69 dengan kategori baik. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 79 berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi tantangan berliku (Curverballs) dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:42
Last Modified: 29 Jul 2016 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item