PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 16 PEKANBARU

Rena Revita, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 16 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model think-pair-share dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share di SMP Negeri 16 Pekanbaru. Untuk itu terdapat dua buah rumusan masalah di dalam penelitian ini, yaitu “apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan Model Think-Pair-Share dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional?” dan “bagaimanapeningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model think-pair-share di SMP Negeri 16 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 16 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII5 dan siswa kelas VIII6 SMP Negeri 16 Pekanbaru yang berjumlah 80 orang yang memiliki kemampuan yang tidak berbeda berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Share, variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dengan mengguanakan Uji-t, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model ThinkPair-Sharedan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai t0 yang diperoleh yaitu 2,085 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,99. Didukung juga oleh nilai rata-rata kelas yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 66,375 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 53,875. Pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Sharejuga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang terlihat berdasarkan hasil analisis dengan uji peningkatan N-Gain yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model Think-Pair-Sharemengalami peningkatan sebesar 0,607 lebih tinggi dibandingkan peningkatan yang diperoleh kelas kontrol yaitu sebesar 0,432.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:37
Last Modified: 29 Jul 2016 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5848

Actions (login required)

View Item View Item