MUHAMMAD AFRIANDI, - (2022) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF SMP MUHAMMADIYAH II PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
|
Text
SKRIPSI MUHAMMAD AFRIANDI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Afriandi (2021) : PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF SMP MUHAMMADIYAH II PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi zat aditif di SMP Muhammadiyah II Pekanbaru. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Design yang menggunakan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII B SMP Muhammadiyah II Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen menggunakan model Creative problem solving. Data dikumpulkan melalui soal tes keterampilan berpikir kreatif dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 23 dan lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model creative problem solving terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi zat aditif di SMP Muhammadiyah II Pekanbaru. Kata Kunci: Creative Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kreatif, Zat Aditif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 02:15 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 02:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58445 |
Actions (login required)
View Item |