Vitry Wahyuni Simbolon (2014) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN METODE PENEMUAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan Metode Penemuan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Metode Penemuan dengan pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran yang diterapkan guru di SMP Negeri 2 Tambang?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-Euivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tambang sebanyak 46 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pendekatan RME dengan Metode Penemuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu tiga kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan RME dengan Metode Penemuan dan dua pertemuan lagi dilaksanakan Pretest dan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-t untuk sampel besar ( N≤30). Dari analisis data yang dilakukan dengan pendekatan Realistc Mathematics Education (RME) dengan Metode Penemuan diperoleh nilai thitung = 2,45 yang berarti lebih besar dari tt > pada taraf signifikan 5% yaitu 2,02 sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu terdapatnya perbedaan ini maka dapat dikatakan terdapat pengaruh pendekatan Realistc Mathematics Education (RME) dengan Metode Penemuan terhadap pemahaman konsep siswa SMP Negeri 2 Tambang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 01:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5844 |
Actions (login required)
View Item |