Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam Di PTKIS Pada Kopertais Wilayah XII Riau Dan Kepulauan Riau

M. Hatta, - (2022) Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam Di PTKIS Pada Kopertais Wilayah XII Riau Dan Kepulauan Riau. Disertasi thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text (BAB I)
DISERTASI BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
DISERTASI BAB IV - V OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M. Hatta (31890415312) : Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam Di PTKIS Pada Kopertais Wilayah XII Riau Dan Kepulauan Riau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor sumberdaya manusia melalui pencapaian kualifikasi sumberdaya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek dan kesiapan beberapa perguruan tinggi di PTKIS Pada Kopertais Wilayah XII Riau Dan Kepulauan Riau yang berposisi sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Agama Islam Khususnya Untuk Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap pemberlakukan kurikulum berbasis KKNI yang efektif akan diberlakukan pada tahun akademik 2016/2017. Disamping itu penelitian ini bertujuan menjadi sarana penemuan solusi terhadap kendala yang menjadi rintangan dari pemberlakukan kurikulum berbasis KKNI. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kelima PTKIS Yakni, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau, STAI Diniyah Pekanbaru, STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, STIT Hidayatullah Batam, STAI Sultan Syarif Hasyim Siak yang menyelenggarakan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) pada prinsipnya siap melakukan perberlakuan kurikulum berbasis KKNI pada tahun akademik 2016/2017, akan tetapi efektifitas penerapan kebijakan ini seyogya dibarengi dengan kesiapan semua perangkat yang dibutuhkan termasuk kebijakan pengembangan kurikulum tertulis dari masing-masing institusi secara permanen. Dari lima PTKIS yang diteliti, ditemukan bahwa belum semuanya menerapkan KKNI, dan ada beberapa yang sudah menerapkan kurikulum KKNI dan berjalan baik sedangkan yang lain masih dalam proses finalisasi struktur kurikulum yang diharapkan. Disertasi ini menunjukan bahwa implementasi KKNI berkontribusi terhadap kualitas dan mutu lulusan pada PTKIS dalam wilayah kopertais XII Riau-Kepri, khususnya pada program studi Pendidikan agama islam. hal ini dikarenakan oleh KKNI berkontribusi pada peningkatan CPL maupun sebaran matakuliah dalam menunjang mahaiswa untuk mendapatkan pengakuan maupun kompetensi yang diharapkan dalam dunia kerja terutama sebagai seorang tenaga pendidik dalam Lembaga Pendidikan. kemudian berdampak pada intitusi dalam hal ini khususnya PTKIS di wilayah kopertais wilayah XII untuk meningkatkan sumber daya manusia maupun sumber daya finansial dalam rangka pemenuhan kebutuhan pasa Pendidikan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil obervasi dan hasil wawancara yang terkait dengan implementasi KKNI pada PTKIS yang ada dalam kopertais wilahyah XII Riau-Kepri. sedangkan teori yang digunakan adalah teori yang berhubungan dengan Kurikulum maupun teori yang bisa diambil dari undang-undang maupun peraturan pemerintah dalam hal implementasi KKNI. Kata Kunci: Implementasi kurikulum KKNI, Pendidikan Agama Islam, Mutu Lulusan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:28
Last Modified: 18 Jul 2023 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58436

Actions (login required)

View Item View Item