PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGAKRABKAN SAMPEL PERWAKILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BELUTU KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK

Nuraini Purba, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENGAKRABKAN SAMPEL PERWAKILAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 010 BELUTU KECAMATAN KANDIS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 010 Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, melalui penerapan strategi pembelajaran mengakrabkan sampel perwakilan yang di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus. Sebagai subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penerpan strategi pembelajaran mengakrabkan sampel perwakilan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SDN 010 Belutu Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi pembelajaran sampel perwakilan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 59, angka ini belum mencapai nilai indikator keberhasilan, pada siklus I hasil belajar siswa meningkatkan dengan rata-rata 65, angka ini juga belum mencapai nilai indikator keberhasilan, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan rata-rata 72, angka ini telah melebihi nilai keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:24
Last Modified: 29 Jul 2016 01:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item