Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

WITRA WILIANI, - (2022) PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

WITRA WILIANI (2021) : PENERAPAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih di kelas V SDN 018 Penyasawan melalui penerapan metode giving question and getting answer dengan fokus pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa SDN 018 Penyasawan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran giving question and getting answer dan kemampuan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan berbicara siswa dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kumulatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dapat diliat sebelum tindakan hasil kemampuan berbicara siswa hanya mencapai 57,5% atau tergolong tidak baik. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 61,25% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 71,5% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih khusussnya pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 018 Penyasawan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Giving Question And Getting Answer, Kemampuan Berbicara Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:29
Last Modified: 26 Jan 2022 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58423

Actions (login required)

View Item View Item