PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BAGANSIAPIAPI

Giri Warti, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PREDICTION GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BAGANSIAPIAPI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 101 siswa dan terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran koopertif tipe Prediction Guide dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil uji tes-t didapat t0 = 3,3082 yang lebih besar dari ttable baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,00 dan 2,65. Dari perbedaan tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Prediction Guide dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagansiapiapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:21
Last Modified: 29 Jul 2016 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5842

Actions (login required)

View Item View Item