Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @ermansafar TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL BUKITTINGGI PADA PEMILIHAN WALIKOTA BUKITTINGGI 2020

Dwidara Fahresi, Dwidara (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @ermansafar TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GENERASI MILENIAL BUKITTINGGI PADA PEMILIHAN WALIKOTA BUKITTINGGI 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media sosial memiliki potensi yang sangat besar dalam produksi dan persebaran informasi secara lebih efektif, diantaranya media sosial instagram merupakan wadah baru yang dijadikan tempat melakukan pembangunan citra hingga melakukan kampanye untuk menarik perhatian masyakat dalam pemilihan walikota seperti yang dilakukan oleh Walikota Bukittinggi yang menghasilkan partisipasi poltik generasi milenial Bukittinggi. Riset ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media sosial akun instagram @ermansafar terhadap partisipasi politik generasi milenial Bukittinggi pada pemilihan Walikota Bukittinggi 2020. Riset ini menggunakan desain metode penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap follower intsagram @ermansafar yang berusia 24-40 tahun berjumlah 100 orang yang merupakan generasi milenial Bukittinggi. Temuan dalam riset menunjukan bahawa pengujian hubungan antara pengaruh media sosial akun Instagram @ermansafar terhadap partisipasi politik generasi milenial Bukittinggi menggunakan uji korelasi, menunjukan bahwa Media Sosial Akun Instagram @ermansafar (X) terdapat hubungan yang rendah terhadap partisipasi politik generasi milenial Bukittinggi pada pemilihan Walikota Bukittinggi 2020 (Y). Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil kesimpulan general bahwa pengaruh sigma variabel X terhadap sigma variabel Y adalah rendah dengan nilai 0,396 yang berada pada interval 0,20-0,399 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,1. Sedangkan secara parsial partisipasi politik yang dapat berpengaruh cukup kuat berdasarkan teori dependency yaitu kognitif, kemudian partisipasi politik berdasarkan teori yang berpengaruh rendah yaitu afektif dan behavioral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instgram, Partisipasi Politik, Generasi Milenial
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:09
Last Modified: 26 Jan 2022 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58404

Actions (login required)

View Item View Item