Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS MELAYU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN DAMPAKNYA BAGI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU

UKHTI MAISARAH, - (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ETNOSAINS MELAYU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN DAMPAKNYA BAGI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP TELEKOMUNIKASI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UKHTI MAISARAH - 1,3,5, LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI UKHTI MAISARAH - BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA dan belum tersedianya bahan ajar berbasis etnosains Melayu di SMP Telekomunikasi Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA berbasis etnosains Melayu pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Modul IPA berbasis etnosains Melayu dibuat dengan menyajikan fakta atau fenomena yang berkembang di masyarakat Melayu Riau yang dikaitkan dengan materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Sugiyono. Hasil validitas modul sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli aspek kelayakan isi dengan perolehan nilai sejumlah 92%, ahli aspek kelayakan penyajian dengan perolehan nilai sejumlah 83%, ahli aspek kelayakan kegrafikan dengan perolehan nilai sejumlah 89%, dan ahli aspek kelayakan bahasa dengan perolehan nilai sejumlah 88% dengan kriteria seluruh penilaian sangat valid atau layak digunakan. Selain itu, pada tahap uji coba modul yaitu uji praktikalitas memperoleh nilai sejumlah 98% dengan kriteria sangat praktis dan uji respon siswa memperoleh nilai sejumlah 94% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis etnosains Melayu pada materi pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar IPA di SMP Telekomunikasi Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 05:54
Last Modified: 27 Jan 2022 05:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58394

Actions (login required)

View Item View Item