Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ESTIMASI FAKTOR PENGARUH PRODUKTIVITAS KELAPA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DENGAN METODE MARKOV CHAIN DAN REGRESI LINEAR BERGANDA

Gusri Yonaldi, - (2021) ESTIMASI FAKTOR PENGARUH PRODUKTIVITAS KELAPA DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR DENGAN METODE MARKOV CHAIN DAN REGRESI LINEAR BERGANDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Kecuali Bab IV dan Bab V.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Hasil Penelitian Bab IV dan Bab V)
Bab IV dan Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kelapa dikenal sebagai tanaman serbaguna yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-sehari. Produksi buah kelapa di Indonesia tercatat berjumlah 2,87 juta ton setara kopra dengan luas lahan total yaitu 3,6 juta hektare. Sekitar 92% perkebunan kelapa adalah perkebunan kelapa milik rakyat dengan area perkebunan kelapa terluas terletak di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Indragiri Hilir. Perkebunan kelapa yang luas memengaruhi produksi kelapa, informasi pascapanen pada produktivitas kelapa merupakan faktor yang dapat memengaruhi produktivitas kelapa. Berdasarkan analisis ICT Literacy yang dilakukan di 4 kecamatan yaitu Enok, Tempuling, Kempas dan Tembilahan, petani kelapa membutuhkan informasi pascapanen sebesar 83%. Penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi yang menghasilkan nilai estimasi untuk mengetahui faktor yang memengaruhi produktivitas kelapa. Estimasi produktivitas kelapa menggunakan metode Regresi Linear dan Markov Chain sebagai pembanding. Sedangkan analisa kebutuhan sistem menggunakan ICT Literacy. Data yang digunakan untuk perhitungan estimasi adalah data produksi kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2011-2018. Sedangkan variabel yang digunakan adalah Tanaman Belum Menghasilkan (TBM), Tanaman Menghasilkan (TM) dan Tanaman Tua atau Rusak (TTR). Hasil perhitungan Markov Chain menunjukkan angka kesetimbangan untuk tiap variabel sebesar TBM 9,01%, TM 67,72%, TTR 23,37%. Dilakukan pengujian UAT pada sistem informasi yang diimplementasikan dan mendapatkan nilai 83%, disimpulkan sistem yang diimplementasikan dapat diterima dengan baik oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:01
Last Modified: 26 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58386

Actions (login required)

View Item View Item