PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs AL FAJAR PEKANBARU

Guswinda, (2014) PENGARUH STRATEGI ACTIVE LEARNING INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs AL FAJAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan strategi active learning index card match dibanding dengan belajar secara konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah ada pengaruh strategi active learning index card match terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa MTs Al Fajar Pekanbaru?”. Dimana penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Fajar Pekanbaru sebanyak 98 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan strategi active learning index card match dari kelas VIII B sebanyak 33 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas VIII A sebanyak 32 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 65 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali yaitu empat kali pertemuan belajar dengan menggunakan strategi active learning index card match dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretes dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-t untuk sampel besar ( N≥30). Dari analisis data yang dilakukan dengan strategi active learning index card match diperoleh nilai thitung = 3,06 yang berarti lebih besar dari tt > baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,65<3,06>2,00 sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu terdapatnya perbedaan ini maka dapat dikatakan terdapat pengaruh strategi active learning index card match terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa MTs Al Fajar Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:01
Last Modified: 29 Jul 2016 01:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item