Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA

RIZKY NANDA PUTRA, - (2021) ANALISIS NEWMAN’S ERROR PENYELESAIAN SOAL-SOAL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DAN HABITS OF MIND SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKY NANDA PUTRA.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizky Nanda Putra, (2021): AnalisisNewman’s Error Penyelesaian Soal-soal pada MateriAritmatika Sosial Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif dan Habits of Mind Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis Newman’s Error siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya kognitif dan habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif melalui desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa kelas VIII B SMP Abdurrab Pekanbaru.Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, teknik angket, dan wawancara.Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalahmatematis pada materi aritmatika sosial,soal tes GEFT, angket habits of mind, dan pedoman wawancara. Pengelolaan dan analisis data meliputi 3 tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif FD dan FI masing-masing yaitu kesalahan keterampilan proses dan tidak ada kesalahan; (2) Siswa dengan HoM tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses, siswa dengan HoM sedang melakukan kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, dan siswa dengan Hom rendah melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir; (3) Siswa dengan FI HoM tinggi dan sedang melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir, siswa dengan FI HoM rendah secara umum tidak ada kesalahan, siswa dengan FD HoM tinggi melakukan kesalahan keterampilan proses, siswa dengan FD HoM sedang melakukan kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, serta siswa dengan FD HoM rendah melakukan kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Kata kunci :Analisis Newman’s Error,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya kognitif, Habits of Mind.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:45
Last Modified: 25 Jan 2022 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58336

Actions (login required)

View Item View Item