MUHAMMAD ISBAT, - (2022) MANAJEMEN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ROKAN HULU DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP CALON JAMAAH HAJI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Muhammad Isbat NIM : 11744102328 Judul : Manajemen Kementerian Agama Kabupatean Rokan Hulu Dalam Memberikan Pelayanan Terhadap Calon Jamaah Haji Latar belakang penelitian manajemen yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu dalam memberikan pelayanan terhadap calon jamaah haji. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu apakah Pendaftaran yang dilakukan oleh calon jamaah Haji sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku dalam ruang lingkup Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu Pelayanan yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu khususnya dibidang Haji tidak terlepas dari 4 hal yang penting dalam suatu manajemen yaitu: Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.Kemudian daripada itu manajemen pelayanan yang baik adalah kemampuan ditetapkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu khususnya dibidang haji yaitu dalam memberikan kepuasan terhadap calon jamaah Haji dengan standar yang telah di tetapkan, kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki.Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu antara lain: pelayanan pendaftaran haji, pembatalan haji, pengusulan jamaah haji lansia, penggabungan mahram yang mendaftar terpisah, bimbingan manasik haji,serta pelayanan perlindungan jamaah haji. Adapun faktor penghambat yang dihadapi dapat diatasi dengan adanya faktor pendukung dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji. Kata Kunci : Manajemen, pelayanan, Haji
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 03:41 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58320 |
Actions (login required)
View Item |