Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMASI PENJADWALAN PEMBANGUNAN MASJID MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN CRASHING PROGRAM (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Masjid Al-Huda, Kabupaten Bengkalis)

SUA CAHAYA ILLAHI, - (2022) OPTIMASI PENJADWALAN PEMBANGUNAN MASJID MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN CRASHING PROGRAM (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Masjid Al-Huda, Kabupaten Bengkalis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

OPTIMASI PENJADWALAN PEMBANGUNAN MASJID MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN CRASHING PROGRAM (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Masjid Al-Huda, Kabupaten Bengkalis) SUA CAHAYA ILLAHI NIM: 11850420383 Tanggal Sidang : 12 Januari 2022 Tanggal Wisuda : Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Pembangunan sebuah masjid membutuhkan ketepatan rencana anggaran biaya (RAB) agar pembangunan dapat diselesaikan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui optimasi waktu dan biaya pada penjadwalan proyek pembangunan masjid oleh PT. HAI. Adapun metode yang digunakan adalah Critical Path Method (CPM) dan Crashing Program. Untuk mempersingkat durasi proyek dengan biaya yang lebih efisien, penelitian ini menggunakan Crashing Program dengan alternatif penambahan 3 jam kerja per hari dan penambahan tenaga kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, alternatif penambahan tenaga kerja memperoleh waktu dan biaya yang lebih optimal daripada menggunakan alternatif penambahan 3 jam kerja per hari. Penyelesaian proyek pembangunan masjid dalam waktu normal dilakukan selama 997 hari dengan total biaya pada waktu normal sebesar Rp 7.557.579.718,99 dapat dipercepat menjadi 776 hari dengan total biaya Rp 7.408.884.185,31. Kata Kunci: Biaya, Crashing Program, Critical Path Method (CPM), durasi, optimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:31
Last Modified: 25 Jan 2022 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58300

Actions (login required)

View Item View Item