Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK DAN KADAR NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT YANG DIBERI PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DAN MAHKOTA NANAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN FORMULASI YANG BERBEDA

RESTU PURNAMA, - (2021) KUALITAS FISIK DAN KADAR NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT YANG DIBERI PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DAN MAHKOTA NANAS (Ananas comosus L. Merr) DENGAN FORMULASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

KUALITAS FISIK DAN KADAR NUTRISI WAFER RANSUM KOMPLIT YANG DIBERI PENAMBAHAN TEPUNG KULIT DAN MAHKOTA NANAS (Ananas Comosus L. Merr) DENGAN FORMULASI YANG BERBEDA Restu Purnama (11681100043) Di bawah Bimbingan Dewi Ananda Mucra dan Eniza Saleh INTISARI Limbah kulit dan mahkota nanas memiliki kandungan nutrisi yang baik yaitu bahan kering (92,25), protein kasar (9,50), lemak kasar (1,92), serat kasar (22,27), abu (5,95), dan bahan ekstrak tanpa nitrogen (60,36) sehingga dapat dimanfaatkankan sebagai pakan alternatif ternak dalam bentuk wafer ransum komplit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas fisik dan kadar nutrisi wafer ransum komplit yang diberi penambahan tepung kulit dan mahkota nanas (Annanas comous L,merr). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan perlakuan terdiri: P0: 0% TKMN (kontrol), P1: 7% TKMN, P2: 14% TKMN, P3: 21% TKMN. Parameter yang diukur adalah aroma, warna, tekstur, bahan kering (BK), protein kasar , serat kasar, lemak kasar , abu dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Hasil penelitian menunjukan pemberian tepung kulit dan mahkota nanas 21% berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap meningkatnya tekstur dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap meningkatnya warna dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap meningkatnya kandungan bahan kering, protein kasar, lemak kasar, serat kasar, abu dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Kesimpulan penelitian adalah penambahan tepung kulit dan mahkota nanas 21% (P3) merupakan perlakuan terbaik dilihat dari kualitas fisik tekstur dan kualitas nutrisi bahan kering, protein kasar, abu dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Kata kunci : Kualitas Fisik, Nutrisi, Tepung Kulit dan Mahkota Nanas, dan Wafer Ransum Komplit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:39
Last Modified: 25 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58292

Actions (login required)

View Item View Item