Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH OF 2013 CURRICULUM IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMAN 2 PEKANBARU

Ita Ayu Rachmawati, - (2021) THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH OF 2013 CURRICULUM IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH DURING COVID-19 PANDEMIC AT SMAN 2 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
THESIS ITA AYU RACHMAWATI BAB 1-3, watermark uin, ada foto dicover.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
THESIS ITA AYU RACHMAWATI BAB 4 AJA, watermark uin-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

Ita Ayu Rachmawati (2021): Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Inggris selama Pandemi Covid-19 oleh guru bahasa Inggris di SMAN 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan wawancara, kuesioner dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris telah menerapkan Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Inggris selama Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Pekanbaru. Dalam lima tahapan Pendekatan Ilmiah Kurikulum 2013 yang meliputi mengamati, menanya, bereksperimen, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, guru telah menerapkannya dengan sangat baik. Ada empat peserta didik sebagai partisipan yang diwawancarai dan seluruh partisipan diminta untuk mengisi angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 layak diterapkan dalam proses belajar mengajar. Para partisipan menilai bahwa guru bahasa Inggris mereka telah menerapkan pendekatan ini dalam proses belajar mengajar di kelas dengan baik. Pada tahap mengamati, menanya, bereksperimen, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, peserta didik mengungkapkan pemikiran mereka tentang guru bahasa Inggris mereka. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi guru bahasa Inggris dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kurikulum 2013 pada masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Pekanbaru. Faktor tersebut adalah faktor internal dan eksternal. Guru menyatakan bahwa faktor internal berasal dari pengalaman mengajar, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar kegiatan belajar mengajar di kelas, antara lain lingkungan dan media sekolah seperti proyektor, laptop, komputer dan lain sebagainya. Kata Kunci: Guru Bahasa Inggris, Implementasi pendekatan saintifik, Kegiatan belajar dan mengajar, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:07
Last Modified: 26 Jan 2022 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58282

Actions (login required)

View Item View Item