Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DAN DESAIN ULANG KEMASAN FROZEN FOOD TAHU BAKSO PADA IKM PAKPUH MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

ABIM WAHYU MAYPANDO, - (2022) USULAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI DAN DESAIN ULANG KEMASAN FROZEN FOOD TAHU BAKSO PADA IKM PAKPUH MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Bab IV % V ABIM.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian Bab IV & V ABIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Melfa Yola¹, Muhammad Isnaini Hadiyul Umam², Abim Wahyu Maypando³ ¹ʼ²ʼ³Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas Km.18 No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru. 28293 Email: abimwahyu18051999@gmail.com ABSTRAK IKM Pakpuh merupakan salah satu industri kecil menengah yang bergerak dibidang frozen food. Salah satu frozen food yang dipasarkan oleh IKM Pakpuh adalah tahu bakso. Kemasan Frozen Food Tahu Bakso IKM Pakpuh memiliki kelebihan berbahan tebal dan tidak mudah robek, serta harga kemasan murah dan mudah didapat. Sementara kemasan juga memiliki kekurangan seperti terdapat bongkasan es di dalam kemasan, desain kemasan yang kurang menarik dan kemasan hanya dapat digunakan sekali pakai karena tidak ada klip pembuka pada bagian kemasan yang bisa dibuka tutup, dan juga kurangnya informasi pada kemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi kekurangan dari segi kemasan agar sesuai keinginan konsumen dan memperbaiki alur proses produksi agar tidak terdapat bongkahan es di dalam kemasan. Apabila tujuan telah tercapai maka IKM Pakpuh akan mendapatkan pasar yang lebih luas dari masyarakat, bisa masuk ke gerai-gerai oleh-oleh favorit di Riau, bisa menjadi frozen food yang dicintai oleh masyarakat luas serta menjadi panduan untuk IKM frozen food lainnya. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yaitu metode Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan suatu teknologi perencanaan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengantisipasi dan menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam produk atau jasa yang disediakan bagi pelanggan. Berdasarkan penelitian, diperoleh untuk menghilangkan bongkahan es yang terdapat di dalam kemasan, maka dilakukannya perbaikan SOP dalam proses produksi pembuatan tahu bakso. Dan merancang kemasan sesuai dengan keinginan pelanggan yaitu Kemasan frozen food tahu bakso memiliki desain yang menarik, ramah lingkungan, memiliki informasi yang lengkap dan memudahkan customer dalam penggunaan dan penyimpanan produk. Kata Kunci : Kemasan, Quality Function Deployment, Proses Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:44
Last Modified: 26 Jan 2022 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58274

Actions (login required)

View Item View Item