Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERENCANAAN KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!)

Nurul Vionika, Nurul (2022) PERENCANAAN KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Seiring perkembangan Information, communication and technology di bidang pemerintahan banyak aplikasi yang bermunculan guna untuk mewujudkan good governance diantaranya nya adalah Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu dala Mensosialisasikan Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Riset ini menggunakan desain metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Riset ini menggunakan teori perencanaan komunikasi oleh Cultip dan Center. Temuan dalam riset ini menunjukkan bahwa perencanaan komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu dalam mensosialisasikan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) dimulai deengan tahap: Pertama, Penemuan Fakta (fact finding). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu mendapatkan fakta-fakta terkait adanya pengaduan dari masyarakat yang tidak terkoordinir dengan baik. Kedua, Perencanaan (planning). Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu menentukan untuk membuat keputusan mengenai komunikator, rancangan pesan dan target sasaran. Ketiga, Komunikasi (communication) yang dilakukan dengan cara komunikasi langsung dan tidak langsung. Keempat, Evaluasi (evaluation) yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu yaitu melaksanakan rapat mengenai hasil program yang dilaksanakan. Hasil evaluasi yang didapatkan akan menjadi tolak ukur untuk melaksanakan program selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Komunikasi, Aplikasi LAPOR!, Pengaduan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:01
Last Modified: 25 Jan 2022 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58263

Actions (login required)

View Item View Item