Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Startegi Point Counterpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Pahlawanku Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatur Rahmah

M. Aqil Anshor, - (2021) Penerapan Startegi Point Counterpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Pahlawanku Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatur Rahmah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)

Abstract

ABSTRAK M. Aqil Anshor, (2021): Penerapan Startegi Point Counterpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Pada Tema Pahlawanku Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatur Rahmah Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran point counterpoint untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatur Rahmah. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengemukakan ide dan gagasan dan siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini merupakan tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran point counterpoint dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusi 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kuanlitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa penerapan strategi pembelajaran point counterpoint dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raurdhatur Rahmah. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan siswa hanya mencapai nilai rata-rata 51,52% dengan kategori cukup aktif, Setelah di lakukan tindakan pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 68,7% dalam kategori aktif, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 81,74% dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran point counterpoint dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Raudhatur Rahmah. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Point Counterpoint, Kemampuan Mengemukakan Pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:20
Last Modified: 24 Jan 2022 05:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58258

Actions (login required)

View Item View Item