Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SUBSTITUSI TEPUNG LIMBAH JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING

SAFIRAH YUSRINA, - (2022) SUBSTITUSI TEPUNG LIMBAH JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SUBSTITUSI TEPUNG LIMBAH JEROAN IKAN PATIN (PANGASIUS HYPOPTHALMUS) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PERFORMA AYAM RAS PEDAGING Safirah Yusrina (11780123634) Di bawah bimbingan Evi Irawati, S.Pt, M.P dan Dr. Elviriadi, S.Pi., M.Si INTISARI Tepung jeroan ikan patin (Pangaius hypopthalmus) merupakan limbah ikan patin yang diambil jeroannya dan dijadikan tepung yang dapat mengganti penggunaan tepung ikan dalam ransum karena mengandung nilai protein yang setara dengan tepung ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level konsumsi tepung jeroan ikan patin (Pangaius hypopthalmus) dalam ransum basal terhadap performa ayam ras pedaging meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam ras pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Unit penelitian terdiri atas 4 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (15% tepung ikan dan 0% tepung jeroan ikan patin), P1 (10% tepung ikan dan 5% tepung jeroan ikan patin), P2 (5% tepung ikan dan 10% tepung jeroan ikan patin), dan P3 (0% tepung ikan dan 15% tepung jeroan ikan patin). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung jeroan ikan patin (Pangasius hypopthalmus) hingga kadar 15 % berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Kesimpulannya adalah tepung jeroan ikan patin dengan level 15% dalam ransum tidak dapat meningkatkan performa, tetapi 10% dapat mempertahankan performa ayam ras pedaging yang meliputi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Kata kunci: Ayam, tepung limbah jeroan ikan patin, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:23
Last Modified: 24 Jan 2022 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58257

Actions (login required)

View Item View Item