Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI LARUTAN JAHE MERAH (Zingiber officinale) DAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) DALAM AIR MINUM Oleh: MARTA SUHARTI 11780123649 PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN

MARTA SUHARTI, - (2022) PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI LARUTAN JAHE MERAH (Zingiber officinale) DAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) DALAM AIR MINUM Oleh: MARTA SUHARTI 11780123649 PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI LARUTAN JAHE MERAH (Zingiber officinale) DAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) DALAM AIR MINUM Marta Suharti (11780123649) Di bawah bimbingan Elfawati dan Yendraliza INTISARI Jahe merah (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai fitobiotik dalam air minum. Daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) merupakan tanaman yang mempunyai aktivitas anti bakteri, anti virus, anti tuberkulosis, anti tumor, analgesik, hipotensif dan imunologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian larutan jahe merah dan larutan daun mengkudu serta campuran larutan jahe merah dan larutan daun mengkudu terhadap konsumsi ransum, bobot badan akhir, persentase karkas, dan persentase lemak abdominal ayam ras pedaging dalam air minum. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli 2021 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam ras pedaging yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, larutan jahe merah (LJM) dan larutan daun mengkudu (LDM). Tiap-tiap perlakuan terdiri atas 4 ekor ayam, perlakuan yang diberikan yaitu P1 (Ransum komersial), P2 (Ransum komersial + 0,8% LJM), P3 (Ransum komersial + 1% LDM), dan P4 (Ransum komersial + 0,8% LJM + 1% LDM). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pemberian 0,8% larutan jahe merah, 1% larutan daun mengkudu serta campuran larutan 0,8% jahe merah dan 1% daun mengkudu dalam air minum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, bobot potong, persentase karkas dan persentase lemak abdominal. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian 0,8% larutan jahe merah, 1% larutan daun mengkudu serta campuran larutan 0,8% jahe merah dan 1% daun mengkudu dalam air minum belum mampu meningkatkan konsumsi ransum, bobot potong, persentase karkas dan menurunkan persentase lemak abdominal. Kata kunci: Ayam ras pedaging, daun mengkudu, karkas, lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:16
Last Modified: 24 Jan 2022 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58255

Actions (login required)

View Item View Item