Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatakan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan.

Rahmi Syadri,, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatakan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmi Syadri, 2021: Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatakan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalaui penerapan model picture and picture peserta didik di KelasVsekolah dasar muhammadiyah002penyasawan. Penelitianini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara diantaranya siswa kurang memiliki ketepatan pengucapan, siswa kurang mampu dalam menjaga aturan tata bahasa dalam berbicara, dan siswa kurang mampu memilih kosa kata atau kalimat yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Picture and Picture dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa sebelum tindakan hanyamencapai 50,4 dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan berbicara siswa meningkat dengan rata-rata rata 69,9 dengan kategori cukup baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat dengan rata-rata 79,2 dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran bahasa indonesia di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci : Model Picture and Picture, keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:50
Last Modified: 24 Jan 2022 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58250

Actions (login required)

View Item View Item