Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AN INVESTIGATION OF STUDENTS’ BELIEFS ABOUT LANGUAGE LEARNING AT THE EIGHTH GRADE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL DAR EL HIKMAH PEKANBARU

RAHMAWITA, - (2021) AN INVESTIGATION OF STUDENTS’ BELIEFS ABOUT LANGUAGE LEARNING AT THE EIGHTH GRADE ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img]
Preview
Text
THESIS RAHMAWITA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmawita (2021): Investigasi Keyakinan Siswa tentang Pembelajaran Bahasa pada Siswi Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Keyakinan siswa tentang pembelajaran bahasa adalah konsep dasar yang dimiliki oleh siswa tentang apa itu bahasa dan bagaimana bahasa harus dipelajari. Keyakinan tentang pembelajaran bahasa berkaitan dengan aspek psikologis siswa yang menentukan tindakan dan ekspektasi siswa tentang pembelajaran bahasa. Pengaruh dan hubungan keyakinan dalam mempelajari bahasa mendasari pentingnya untuk mengetahui keyakinan yang dimiliki siswa agar dapat menyesuaikan tujuan dan pendekatan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakinan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 24 Juni 2021-2 Juli 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 127 siswi Mts Dar El Hikmah dan sebanyak 83 siswa diambil sebagai sample dengan metode teknik insidental. Kemudian, peneliti menggunakan adaptasi questionnaire BALLI dari Horwitz (1988) sebagai alat untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 23.0, peneliti menemukan bahwa 9 siswa (10,8%) memiliki keyakinan dalam mempelajari bahasa Inggris dengan kategori sangat baik, 62 siswa (80,7%) dalam kategori baik dan 7 siswa (8,4%) dalam kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa aspek keyakinan tentang pembelajaran bahasa Inggris yang tertinggi yang dimiliki siswa adalah keyakinan tentang bakat dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 34, diikuti oleh keyakinan tentang strategi pembelajaran dan komunikasi dengan nilai rata-rata 29, keyakinan tentang dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 26, keyakinan tentang kesulitan pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 19, dan yang terendah adalah keyakinan tentang motivasi dan ekspektasi dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 16.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:50
Last Modified: 27 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58247

Actions (login required)

View Item View Item