Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

WAHYUNI, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

WAHYUNI (2021) : PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tualang, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan Open-ended pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis pendekatan Open-ended dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 92.92%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 10 orang siswa diperoleh bahwa LKS berbasis pendekatan Openended dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86.24%. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai sebesar 1,98 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 1,73 maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Open-ended yang telah dikembangkan ini memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. . Kata Kunci:Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Open-Ended, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:24
Last Modified: 24 Jan 2022 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58242

Actions (login required)

View Item View Item