Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIKAP ULAMA MENGENAI NIKAH MUHALLIL DI DESA SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

DONI PRANANDA, - (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIKAP ULAMA MENGENAI NIKAH MUHALLIL DI DESA SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DONI PRANANDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Doni Prananda (2021) : Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sikap Ulama Mengenai Nikah Muhallil di Desa Sungai Alah Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sejumlah masyarakat Desa Sungai Alah yang melakukan nikah tahlil, padahal nikah tahlil tersebut dilarang oleh agama dan syariat. Didalam masyarakat yang mempunyai ulama di kehidupan yang merupakan sebagai tonggak atau contoh oleh masyarakat dan yang menjadi pelurus jikalau ada penyimpangan-penyimpangan sehingga penyimpangan tersebut tidak terjadi. Oleh karena itu perlu kajian terhadap sikap ulama di Desa Sungai Alah yang mana seorang ulama seharus nya menjadi penasehat atau pelurus ketika ada penyimpangan terutama masalah agama. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi Bagaimana sikap pemuka agama desa sungai alah terhadap nikah tahlil, dan Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap sikap pemuka agama desa sungai alah mengenai nikah tahlil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di Desa Sungai Alah Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian ini adalah tokoh agama ( ulama) Desa Sungai Alah dan sampel berjumlah 4 responden dengan teknik sampling accidental.pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawanacara dan dokumentasi. Keseleruhan data dalam penelitian ini di analissi secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ialah sikap pemuka agama Desa Sungai Alah tidak menerima terhadap nikah tahlil yang terjadi di desa setempat dan melarang pernikahan tersebut terjadi, namun karena oknum suami istri tersebut ngotot untuk melakukan nikah tahlil supaya bisa rujuk kembali dengan mantan suaminya sehingga tidak menghiruakan larangan-larangan ulama setempat dan tetap melakukan perbuatan terlarang tersebut, walaupun ulama setempat telah melarang baik itu dengan lisan ataupun nasehat maupun dengan perbuatan. Kata Kunci: Ulama, Nikah Muhallil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:12
Last Modified: 24 Jan 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58232

Actions (login required)

View Item View Item