Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU

MAULANA ALI SATRIA H., - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAULANA ALI SATRIA H.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maulana Ali Satria Hestika, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran problem based learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa, sebelum tindakan hanya mencapai 66,30 dengan kategori kurang karena berada pada rentang < 69. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan menjadi 74,72 dengan kategori cukup karena berada pada rentang 80-89. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dibanding siklus I, yaitu menjadi 85,20 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:31
Last Modified: 24 Jan 2022 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58228

Actions (login required)

View Item View Item