Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

A PORTRAIT OF STUDENTS’ READING ANXIETY AT THE SECOND GRADE OF MTs DARUL QUR’AN KAMPAR REGENCY

LAILI ARFIANA, - (2022) A PORTRAIT OF STUDENTS’ READING ANXIETY AT THE SECOND GRADE OF MTs DARUL QUR’AN KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
THESIS LAILI ARFIANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laili Arfiana(2021): Gambaran Kecemasan Membaca Siswa di Kelas Delapan Mts Darul Qur’an Kabupaten Kampar Membaca merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca merupakan komponen penting keberhasilan di sekolah, universitas dan dalam kehidupan sehari-hari (Ntereke & Ramoroka, 2017). Ketika proses membaca berlangsung banyak faktor yang mempengaruhi yaitu faktor afektif, kognitif dan lingustik. Tetapi sebagian besar studi berfokus pada faktor kognitif dan linguistik (Ismail, 2015; Zhou, 2017; Ashohbani, 2018; Madronero, 2019; Sharon & Parilah, 2020). Sedikit sekali penelitian tentang aspek afektif membaca seperti kecemasan membaca (Katzier et.al, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan membaca pada siswa kelas delapan di MTs Darul Qur‟an Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Qur‟an Kabupaten Kampar yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 110 siswa dan sampelnya adalah 56 siswa yang diambil secara purposif sampling. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Qur‟an Kabupaten Kampar pada Agustus, 2021. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dua angket dan interview untuk mengetahui level kecemasan siswa ketika membaca dan faktorfaktor yang mempengaruhi kecemasan siswa ketika membaca. Peneliti menggunakan deskriptif analisis melalui SPSS 21.00 untuk menganalisis data angket. Untuk menganalisis data interview peneliti mengunakan analisis data kualitatif dari Cresswell (2012). Hasil penelitian menunjukkan level kecemasan membaca siswa adalah level sedang (68% siswa mengaku). Kemudian ada dua faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa ketika membaca yaitu fitur teks dan faktor pribadi. Di bawah konsep fitur teks, ada tiga sumber kecemasan membaca yaitu, kosakata yang tidak diketahui (63,7% siswa setuju), budaya yang tidak familiar (54% siswa setuju) dan topik yang tidak familiar(59,9% siswa setuju). Di sisi lain, dalam konsep faktor personal, terdapat dua sumber kecemasan membaca yaitu takut membuat kesalahan (57,9% siswa setuju), dan kekhawatiran tentang efek membaca (41,3%) siswa setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2022 07:39
Last Modified: 24 Jan 2022 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58226

Actions (login required)

View Item View Item