Yusnar Yusuf (2015) ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN RASJIDI DALAM BUKU ISLAM DAN KEBATINAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “AnalisisTerhadapPemikiranRasjidiDalamBukuIslam danKebatinan” ditulis berdasarkan latar belakang masalah bahwa ajaran kebatinan banyak menggunakan istilah-istilah Islam diberi arti berlainan bahkan bertentangan dengan maksud pejorative (mencemooh) dan memuji ajaran agama dahulu (Hindu-Budha) yang tak dapat diterima oleh akal sehat. Namun, menurut Rasjidi ajaran tersebut pada intinya merupakan tantrisme berjubah Islam,berdasi Kristen, bertopi theosofi, dan sekarang bersepatu rasional. Dengan demikian penelitian ini menelusuri dan menganalisa bagaimanakah pandangan Rasjidi terhadap ajaran kebatinan dan bagaimanakah ajaran Islam yang benar. Adapun tujuan dari penelitian ini dimaksud untukmengetahui pandangan Rasjidi terhadap ajaran kebatinan secara khusus dalam buku Islam dan Kebatinandan untuk menunjukkan ajaran Islam yang benar dari kekeliruan ajarankebatinan yang banyakmengunakanistilah-istilah Islam diberiartiberlainan. Penelitianini berbentuk studi pustaka (library study) dengan membaca semua karya Rasjidi dalam bentuk format tertulis sebagai rujukan primer, dan karya-karya penulis terdahulu yang berkaitan dengan topik pembahasan dalam penelitian ini sebagai rujukan skunder. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskritif dengan menguraikanpandangan Rasjidi terhadap ajaran kebatinan dalam buku Islam dan Kebatinan seorisinal mungkin menurut konteks masanya menuju konteks saat ini, serta kesinambungan historis dengan melihat faktor yang mempengaruhi pemikiran sang tokohsecara mikro maupun makro. Sehingga hasil yang ditemukandalampenelitianiniadalahbahwaRasjidisebagai tokoh intelektual berusaha mengembalikan ajaran Islam yang benar (al-Qur’an dan sunnah) dari berbagai pahaman sekularisme, pluralisme serta kepercayaan animismedinamisme yang banyak digunakan oleh paham kebatinan Jawa dengan cara meluruskan kembali ajaran Islam dengan menggunakan akal dan mempertajam filsafat. Dalam pandangan Rasjidi bahwaajaran kebatinan telahterkontaminasidenganajaranokultisme, theosofi, yoga dantantrisme berdasarkan literatur Hindu-Budha yang dapat dilihat dalam buku Darmogandul, Gatoloco, Hidayat Jati dan Centini yang merupakan karya puncak dalam literatur kebatinan Jawa, serta orang-orang yang memakai nama Islam sebagai gerakan kebatinan sebenarnya mereka adalah orang yang tidak mampu untuk membedakan antara dasar ajaran Hindu dan Islam, dari zikir kepada Allahlaluterjadiekstase yang bersifatorgiast (orgism). Ajaran tersebut sangat negatif dan membawa manusia kepada kejumudan. Sedangkan agama Islam mengajak kepada sikap positif dengan amal dan perbuatan untuk membimbing kehidupan kejalan yang telah ditentukan. Tujuan hidup seorang muslim adalah untuk memohon ampun serta ridha-Nya. Jika terjadi ekstase bukanlah satu-satunya tujuan melainkan sebagai anugerah dari Allah kepada orang terpilihyang telah memenuhi syaratnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Aqidah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 07:49 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5822 |
Actions (login required)
View Item |